Blog Detail

Blog Image

Rumah Duka Medan Murni was Inaugurated

Plt Walikota Medan Dzulmi Eldin diwakili Sekretaris Derah Kota Medan Syaiful Bahri Lubis meresmikan Rumah Duka Medan Murni di Jalan William Iskandar/Jalan Pancing No 321, Medan, Selasa (28/5/2013).

Menurutnya, rumah duka atau persemayaman ini difungsikan sebagai tempat peristirahatan jenazah sementara sebelum dibawa ke tempat peristirahatan terakhir. Disinilah ditempatkan jenazah serta para keluarga berkumpul melakukan kegiatan adat-istiadat serta upacara lainnya.

Pemerintah Kota Medan, berterimakasih kepada Yayasan Rumah Duka Medan Murni  atas kehadiran tempat persemayaman jenazah ini, guna dapat membantu terutama yang beragama Budha dan Nasrani.

Kalau ada kemalangan, dengan adanya tempat persemayaman ini disediakan bagi keluarga, tidak perlu lagi memasang teratak atau penutupan jalan Umum, karena disini sudah disediakan semuanya termasuk tempat persemayaman, tempat penginapan keluarga, ruangan bagi keluarga yang berkunjung, fasilitas parkir yang memadai, alat untuk kepentingan jenazah juga tersedia. Tempat perbelanjaan juga tersedia.

Diharapkannya, rumah duka dapat memberikan dispensasi bagi yang kurang mampu, terutama yang beragama Budha, Hindu, Konghucu, Nasrani bila ingin memakai fasilitas di tempat ini.

Selain itu, Sekda berharap Yayasan Rumah Duka Medan Murni dapat bersama-sama dengan warga sekitar untuk menjaga kebersihan, keamanan dan termasuk kemacatan lalintasnya.

Muhammad Arman Lubis selaku ketua penitia mengatakan, Rumah Duka Medan Murni mempunyai 14 ruangan persemayaman jenazah, dan dapat menampung parkir kendaraan roda empat 300 unit.

Pembangunan tempat persemayaman ini sengaja dipilih lokasinya arah pinggiran kota, guna menghindari terjadinya kemacatan lalulintas, sehingga para keluarga dapat melaksanakan upacara keagamaan dengan tenang dan aman, sehingga tidak terganggu.


Dikutip dari beritasumut.com pada 2 September 2017.